DAMBA in Cuban Talun 2013

Posted on Updated on

RSCN1589

 

 

 

 

 

 

 

 

DAMBA (Diklat Anggota Baru) Muslim Studi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM) telah dilaksanakan tanggal 1-3 November 2013 kemarin. Acara kali ini diadakan di Wisata Alam Cuban Talun Kec. Bumiaji Kota Batu. Acara kemarin diikuti oleh 50 peserta. DAMBA ini merupakan diklat bagi anggota baru LDF Muslim Studi FE UM. Penanggung jawab acara ini adalah Divisi Human Resource Development (HRD) 2013.

Pada Jum’at (1/10) pukul 15.30 WIB, kami berangkat menuju tempat DAMBA. Pasukan Akhwat berangkat dengan menggunakan truk dan para ikhwan berangkat dengan menggunakan angkutan umum. DAMBA kali ini sangat seru. Jika tahun kemarin pandangan kami terhalang oleh kaca angkutan umum, namun kali ini kami lebih leluasa untuk menikmati indahnya pemandangan alam di atas truk. Perjalanan kami pun tidak terasa lelah karena sepanjang perjalanan kami asyik bercerita panjang dan lebar tentang cerita-cerita yang seru dan menyenangkan.

“Diklat ini telah lama ditunggu oleh anggota baru Muslim Studi FE UM”, ujar salah satu peserta ikhwan. Terjawab sudah keinginan para anggota baru untuk segera mengikuti diklat. Pukul 17.00 WIB kami tiba di penginapan. Ketika berada di Muslim Studi, ada satu semboyan yang harus dilakukan untuk mempererat ukhuwah, yakni “tak kenal maka ta’aruf”. Sambil menunggu shalat magrib datang, kami pun berta’aruf satu sama lain.

Suara sang muadzin pun berkumandang. Itu menandakan bahwa shalat maghrib sudah datang. kami segera mengambil air wudhu dan mendirikan sholat Magrib. Setelahnya kami mengkaji Al-Ma’tsurat karangan Hasan Al-Banna bersama-sama. Selepas membaca Al-Ma’tsurat, kami makan malam bersama. Kemudian kami mengadakan acara tentang “ke-MS-an” yang di isi oleh Ukhti Abidah. Dalam agenda ini para peserta dikenalkan langsung tentang MS, baik secara permukaan maupun secara mendalam.

Keesokan harinya kami melanjutkan agenda berikutnya,yakni agenda inti. Agenda inti membahas tentang Makrifatullah, ke-FoSSEI-an, ke-FSLDK-an, dan membahas tentang ekonomi islam. Suasana semakin akrab, ukhuwah pun semakin terasa. Kami semakin mengenal satu sama lain. Siang harinya, kami mengadakan Bakti Sosial ke SDN Tulungrejo 4 Kec. Bumiaji Kota Batu. Kami membersihkan sekolah bersama-sama. Saat itu kami benar-benar merasa senang karena bisa membantu adik-adik SD dalam membersihkan sekolahnya. Adek-adek SD pun sangat senang melakukan kerja bakti dengan kami. Kami menangkap rona kebahagiaan di wajah mereka ketika bakti sosial tersebut dilaksanakan.

“Mengikuti Diklat Muslim Studi berbeda dengan mengikuti diklat-diklat yang lain. Saya benar-benar suka dengan create acara yang bernuansa Islami seperti ini. Ini membuat saya sadar bahwa saya seharusnya memang berada di tempat seperti ini, karena hal ini membuat saya lebih dekat dengan Allah”, ujar salah satu peserta akhwat.

Penulis : Divisi HRD 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s