Serunya Training Jurnalistik Divisi PR 2013

Posted on Updated on

 

 

 

 

 

 

 

 

Training Jurnalistik sukses digelar pada Rabu, 6 November 2013 kemarin. Acara ini digelar di Gedung D3 101 FE UM. Pemateri dalam acara ini luar biasa, yakni Lidya Devega (Mahasiswa Fakultas Sastra dan Manajer Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SIAR UM).

Pelatihan jurnalistik ini merupakan serangkaian program kerja Divisi Public Relations (PR) LDF Muslim Studi FE UM. Sebelumnya juga pernah diadakan training-training yang lain, yakni Training Desain dan Training Public Speaking. Acara ini merupakan program kerja terakhir pada kepengurusan tahun 2013. Sebelumnya divisi PR juga pernah mengadakan acara besar, yakni Tabligh Akbar.

Materi Training Jurnalistik yang disampaikan oleh pemateri sangat menarik, yakni tentang “Pembuatan Berita”. Materi ini sangat ditunggu-tunggu karena ada beberapa anggota Muslim Studi yang telah berhasil menerbitkan buku dan  aktif menulis di surat kabar. Hal ini membuat kita termotivasi untuk menulis. Selama materi berlangsung, para audiens terlihat menikmati materi yang disampaikan dengan sangat nyaman.

Dalam menulis berita, yang paling mendasar ialah kita menggali berita dengan 5W+1H. Keenam poin tersebut penting digunakan untuk mengembangkan sebuah berita. Dalam berita itu sendiri, ada dua nilai penting yang harus kita perhatikan, yakni nilai aktual dan faktual. Aktual yang berarti berita itu benar-benar ada (terjadi) dan faktual yang memiliki makna bahwa berita itu dibuat berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran. Pemilihan judul berita juga sangat mempengaruhi ketertarikan pembaca.

“Menulis memang susah jika kita tidak memulainya dari sekarang. Jika ingin menulis, maka banyaklah membaca. Dengan banyak membaca akan membantu kita dalam tata bahasa dan kualitas tulisan kita. Jika ide itu muncul, maka tuangkanlah ide kalian ke dalam kertas, lalu kembangkanlah menjadi sebuah karya tulis”, ujar Lidya Devega.

Itulah serangkaian training yang diadakan oleh Divisi Public Relations 2013. Semoga dengan diadakannya training ini bisa membuat kita semakin termotivasi dan produktif untuk menulis. Mari kita ukir sejarah kehidupan kita dengan karya terbaik kita. Salam sukses untuk antum semua…

Penulis : Divisi Public Relations 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s