Serunya DALAM (Daurah Lanjutan Mentoring) 2013

Posted on

 “wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu” (QS muhammad 7).

Menolong agama Allah butuh ilmu, butuh proses, dan butuh kemauan yang kuat. Untuk itulah LDF Muslim Studi FE UM pagi ini (5/10/2013) mengadakan acara Daurah Lanjutan Mentoring (DALAM) di Masjid Utsman Bin Affan. Acara positif ini tentunya mempunyai banyak tujuan, salah satunya mencetak mentor-mentor yang ideal guna mendakwahkan agama Allah ke mahasiswa baru yang menjadi anggota Muslim Studi.

Acara dimulai pukul 09.00 pagi dan diakhiri pukul 15.30 sore. Acara ini sebagai tindak lanjut dari proses mentoring yang sudah berjalan di Muslim Studi selama satu tahun kemarin. Kalau kemarin para anggota MS angkatan 2011 dan 2012 menjadi peserta di mentoring, namun setelah acara ini mereka yang memenuhi syarat akan diangkat menjadi mentor. Tidak banyak anggota MS yang lolos dalam tahap ini, sehingga pesertanya pun terbatas. Dari seluruh anggota MS hanya setengahnya yang berhasil mengikuti acara ini.

Ada dua pemateri kondang yang membagikan ilmu dan pengalamannya dalam acara ini. Mereka ialah Ustad Jamal Dan Akhy Deta (Mahasiswa Pascasarjana UB). Dua orang ini sudah sering mengisi acara di Universitas Negeri Malang (UM), sehingga profesionalisme yang mereka miliki bisa dinikmati oleh para peserta. Ustad Jamal dengan lantangnya menerangkan tentang materi “Urgansi Membina”. Beliau sangat tegas dalam memberikan materi ini, sehingga tawa lepas pun jarang muncul. Terlepas dari itu penyampaian meteri dari beliau sangat baik. Secara mendetail diterangkan bagaimana urgansi membina ini bisa diaplikasikan dalam bentuk nyata. Tak hanya teori yang beliau sampaikan, diakhir-akhir acara beliau juga bercerita tantang pengalaman anaknya yang dari SMP sudah mengenal satu suku kata bernama “mentoring”.

Pemateri kedua di isi oleh Akhy Deta. Beliau memberi materi tantang “Profil Mentor Ideal”. Sungguh cocok para panitia memilih beliau untuk mengisi materi ini. Disamping parasnya yang enak dipandang, beliau juga sudah lama berkecimpung di dunia dakwah kampus, sehingga sangat paham dengan satu suku kata yang bernama “mentoring”. Dengan cukup lugas beliau menerangkan cara-cara untuk menjadi mentor ideal. Terlihat para peserta sangat menikmati sesi ini. Sesekali beliau mengajak para peserta tertawa lepas. Sesekali pula mereka diajak serius dan tersanjung.

Penulis : HRD 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s