Karnaval Ramadhan Bareng “LDF Muslim Studi FE UM”

Posted on

CIMG1255

Kota Malang merupakan salah satu basis pergerakan organisasi keagamaan islam terbesar di Indonesia. Itu di dukung oleh banyaknya kampus yang tersebar di seluruh Malang Raya. Ditambah pula kehidupan keagamaan di kota malang sangat dinamis, sehingga membuat pergerakan organisasi islam sangat leluasa. Di dalam kampuspun, pergerakan organsisasi semacam ini sudah banyak dan saling terkoneksi satu sama lain, entah itu sifatnya vertikal atau horizontal.

Terkait kampus, sampel yang bisa diambil ialah Universitas Negeri Malang (UM). kehidupan beragama di kampus UM sangat dinamis. Sangat mudah untuk membuat acara keagamaan yang tujuannya untuk umat. Fasilitas yang diberikan UM untuk acara seperti itupun tergolong sudah banyak. Birokratpun sangat mendukung acara-acara seperti itu. Bahkan mereka tak jarang setiap tahunnya mengeluarkan anggaran untuk ikut serta memeriahkan acara seperti itu. Masjid Al Hikmah UMpun hampir setiap hari ada kajian rutin yang dilakukan di sore hari, kecuali hari libur.

Salah satu pengisi acara kajian di Masjid Al Hikmah UM ialah LDF Muslim Studi FE UM. organisasi ini merupakan organisasi keislaman yang ada di Fakultas Ekonomi UM, lebih tepatnya berada di Bidang Kerohanian Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE UM. menurut penulis organisasi ini setiap tahunnya mengalami progresif, acara demi acara mereka lakukan setiap bulannya. Entah itu lingkupnya kecil maupun besar. Sekarang organisasi ini dinahkodai oleh mahasiswa asal Kediri, Mukti Prasaja yang merupakan Mahasiswa S1 Akuntansi FE UM.

Sekarang tanggal 28 Juli 2013, itu menandakan kita berada ditengah-tengah bulan suci ramadhan yang ke 1434 H/2013 M. kalau kata banyak ustad bulan ini merupakan rajanya para bulan. Allah SWT melipatgandakan semua amal ibadah kita, baik yang sunnah maupun yang wajib. Sangat rugi ketika kita tidak bisa memanfaatkan bulan ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk orang lain. Terkadang laparnya puasa memang menghalangi kita untuk berbuat positif. Tetapi apakah itu setiap hari?, Saya rasa tidak. Kita bisa memanfaatkan waktu setelah sholat subuh untuk mengaji/mengkaji nilai-nilai islam karena perut kita masih dalam keadaan kenyang.

LDF Muslim Studi FE UM ketika bulan ramadhan seperti ini banyak disibukkan dengan hal-hal positif di dalam kampus. kegiatan demi kegiatan mereka lakukan selama bulan ramadhan. Para anggotanyapun melakukannya dengan suka cita, biarpun ada beberapa anggota yang acuh tak acuh dan memilih segera pulang untuk menikmati suasana ramadhan di kampung halamannya masing-masing. Berikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan LDF Muslim Studi FE UM selama berlangsungnya puasa ramadhan 1434 H/2013 M:

Sambut Mahasiswa Baru (SaMBa)

Samba merupakan acara rutin yang dilakukan muslim studi dalam menyambut mahasiswa baru yang datang dari seluruh nusantara. Kegiatan ini pernah dilakukan di luar ramadhan, tetapi tahun ini dilakukan di dalam buan ramadhan karena proses daftar ulang yang dilakukan para mahasiswa baru bertepatan dengan bulan suci ramadhan.

Silaturahim ke kediaman DOSEN FE UM

Untuk mempererat tali silaturahim dengan birokrat FE UM, muslim studi membuat acara silaturahim ke kediaman dosen FE UM. kali ini mereka berkunjung ke rumah Bapak Bambang Banu Siswoyo yang notabene merupakan dosen manajemen FE UM dan pembina muslim studi. Tak hanya silaturahim, acara ini juga bertujuan untuk ajang konsultasi terkait acara Gebyar Ramadhan Ceria (GRC) yang pada waktu itu sedang dipersiapkan oleh muslim studi.

Bagi-Bagi Takjil

Acara ini bisa disebut “acara dadakan” karena belum ada konsep terlebih dahulu dan program kerja yang menaunginya. Tetapi karena ide-ide cemerlang yang dimiliki oleh para anggota muslim studi maka acara ini tetap terselenggara dengan baik dan benar. Kemarin mereka bagi-bagi takjil berupa 7 buah kurma plus stiker tentang muslim studi di kampus UM.

Buka Puasa Bersama dengan Seluruh Anggota MS

Ukhuwah dalam organisasi harus tetap dijaga. Untuk menjaganya maka LDF Muslim Studi FE UM membuat acara “Buka Puasa Bersama dengan Seluruh Anggota MS” di Musholla FE UM. acara ini sangat seru karena dilakukan selepas bagi-bagi takjil dan sambut mahasiswa baru yang pastinya sangat menguras tenaga dan pikiran. Tak hanya makanan dan minuman saja yang menyelimuti acara ini, rasa kebahagiaan dan kekeluargaan juga sangat terasa selama berlangsungnya acara ini.

Pemasangan Baliho Tentang Ramadhan

Untuk ikut serta membumikan bulan ramadhan di kampus UM, muslim studi memasang dua baliho besar tentang ramadhan di pertigaan jalan perpustakaan um yang sisi timur. Dua baliho itu berisi pengumuman tentang akan terselenggaranya Gebyar Ramadhan Ceria dan agenda-agenda muslim studi dalam beberapa bulan ke depan.

Gebyar Ramadhan Ceria (GRC)

Puncak dari karnaval yang dilakukan oleh LDF Muslim Studi FE UM ialah ini, Gebyar Ramadhan Ceria (GRC). GRC merupakan santunan dan implementasi CSR yang dilakukan oleh muslim studi kepada adek-adek dari panti asuhan dan komunitas anak jalanan yang tersebar di Malang Raya. Tempat perhelatan acara ini ialah di Aula D4 lantai 4 FE UM. Acara kemarin berhasil mengundang sekitar 150 orang. Acara ini didukung oleh para donatur dan birokrat FE UM dalam pengadaan dana, sehingga dana yang terkumpul sekitar Rp. 16.000.000.

Istiqosah, Buka Puasa Bersama, Dan Sholat Tarawih Bersama bareng Birokrat FE UM

Selepas acara GRC estafet acarapun terus berlanjut. Kali ini acara dihandle oleh birokrat FE UM. acara pertama ialah istiqosah yang dipimpin langsung oleh Bapak Bambang Banu Siswoyo. Setelah itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan yang terakhir ialah sholat tarawih bersama. Birokrat FE UM merupakan birokrat yang suka dengan acara-acara keagamaan seperti ini, sehingga ketika muslim studi ingin mengadakan acara mereka sering dimudahkan.

Penulis : Rudiasa (Mahasiswa FE UM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s