LDF Muslim Studi & SAMBA I di Bhumi UM

Posted on

jadi copy

 

 

 

 

 

 

Sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang kerohanian islam sudah sepantasnya LDF Muslim Studi FE UM membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan. Bantuan itu bukan hanya bantuan yang pantas untuk mereka berikan, tetapi bantuan yang paling baik yang bisa mereka berikan kepada orang lain. Sejak tanggal 17 juni 2013 kampus Universitas Negeri Malang (UM) kedatangan ribuan tamu dari berbagai penjuru nusantara. Tamu-tamu itu ialah mereka yang akan melakukan tes tulis di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan registrasi untuk mereka yang sudah diterima di UM melalui jalur undangan.

Tanggal 18-20 juni 2013 tes SBMPTN di mulai serempak di nusantara. UM sebagai salah satu PTN di Malang diberi mandat untuk ikut serta dalam menyediakan tempat dalam menggelar acara ini. Ratusan ruang kelas disediakan oleh panitia untuk melaksanakan tes ini. tetapi berhubung kuota peserta yang sangat banyak dan ruang kelas yang terbatas sehingga ada beberapa calon mahasiswa yang melakukan tes SBMPTN di aula Perpustakaan Umum UM. ketika para peserta sedang asyik mengerjakan soal-soal yang sudah ditentukan oleh pemerintah, di sisi yang lain ada kerumunan masa yang cukup banyak di Graha Cakrawala UM. mereka ialah para calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus melalui jalur undangan dan sedang melakukan registrasi untuk melangkapi kekurangan-kekurangan yang ada.

Ada insiden dalam acara registrasi tadi pagi yang cukup membinggungkan banyak pihak. Insiden itu ialah kesimpangsiuran informasi antara panitia penyelenggara dan para calon mahasiswa terkait alur registrasi. Hal itu membuat banyak calon mahasiswa binggung dalam menghadapinya. Beruntung di TKP sudah banyak mahasiswa UM, salah satunya anggota Muslim Studi yang siap siaga membantu para calon mahasiswa dalam menghadapi kebinggungan yang mereka miliki.

Kegiatan yang dilakukan anggota Muslim Studi dalam acara ini merupakan bentuk aplikasi dari salah satu program kerja yang dimiliki divisi HRD. Divisi ini mempunyai satu program kerja khusus untuk menyambut dan membantu para mahasiswa baru. program kerja itu bernama SAMBA (Sambut Mahasiswa Baru). dengan amunisi yang tidak terlalu banyak, tidak menciutkan niat mereka untuk tetap membantu para calon mahasiswa yang sedang berada di UM. diawali briefing pagi di Jl. Semarang, mereka mempersiapkan fisik, mental, dan hati untuk melakukan kegiatan ini. Setelah briefing selesai mereka langsung terjun kelapangan guna membantu calon mahasiswa yang sedang kebinggungan, terutama di sekitar Graha Cakrawala UM. Baju yang mereka kenakan pagi ini cukup unik karena tidak ada label “Muslim Studi” di punggungnya. Itu dilakukan karena dalam kesepakatan syuro, acara ini LDF Muslim Studi FE UM hanya ingin membantu para calon mahasiswa dan tidak memperkenalkan MS kepada mereka.

“cukup melelahkan, tetapi mengasyikkan. Posisikan diri kita sekiranya kita ditanyai oleh para mahasiswa baru dan posisikan pula diri kita sebagai pemberi informasi yang benar-benar berniat membantu”, ucap Akhy Tauvik, selaku ketua pelaksana dalam acara ini ketika dijumpai EMS Post. Di tempat lain EMS Post juga mewawancarai ukhty Daisy, selaku sekretaris pelaksana dalam acara ini. Menurut dia acara ini cukup seru karena bisa sok kenal dan sok dekat dengan para mahasiswa baru, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi, salah satunya persiapan yang kurang matang dan amunisi informasi yang kurang banyak.

Penulis : HRD 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s