Persiapkan Diri Menyambut Bulan Ramadhan

Posted on

 

 

 

 

 

 

 

Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh, Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang tidak ada Ilah yang berhak diibadi secara benar melainkan hanya Allah. Kita memohon dan meminta hanya kepada Allah yang tidak pernah menyia-nyiakan siapapun yang berdoa kepada-Nya. Shalawat dan salam tetap kita curahkan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam beserta para keluarga, shahabat, serta para pengikutnya yang senantiasa mengikuti sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh barokah. Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti dan dirindukan oleh umat muslim karena pada bulan itu banyak sekali keutamaan-keutamaan yang bisa diraih dan janji pahala yang sangat besar bagi orang yang menjalankan dengan benar. Ramadhan merupakan bulan yang sangat suci, bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari lagi insyaAllah kurang lebih 30 hari lagi mendatangi kita. Siapkan diri kita untuk menyambut tamu yang agung yang datang hanya satu bulan dalam setahun ini sebaiknya kita persipakan sebaik mungkin agar dalam bulan itu kita memanen pahala yang besar. Adapun yang harus kita persiapkan menjelang bulan suci penuh berah ini adalah :

1. Mempelajari Ilmu

Sebelum bulan ramadhan tiba kita sibukkan diri kita dengan mencari ilmu yang berkaitan dengan ramadhan. Karena tidak mungkin kita akan mengetahui apa itu ramadhan tanpa kita mencari tahu dulu/mengilmui dulu. Karena ilmu lebih didahulukan daripada ucapan dan perbuatan. Sebagai contoh, dosen menyampaikan suatu materi kuliah dan semacamnya pasti dosen itu mempelejarinya dulu sebelum disampaikan kepada mahasiswanya. Begitupun kita sebelum berpuasa dan melakukan ketaatan di bulan itu hendaknya kita mengilmui apa itu ramadhan dan apa itu puasa. Ilmu ini bisa kita dapatkan dari berbagai macam sumber. Bisa dari majalah, bisa dari buku-buku yang membahas terkait dengan ramadhan, bisa lewat ustad-ustad yang mengisi di masjid, serta bisa juga dengan kemudahan teknologi sekarang yaitu media internet. Dimana kemudahan ini adalah nikmat Allah yang harus kita syukuri. Di internet kita bisa mencari bebagai macam informasi dalam segala bentuk, mulai dari artikel,audio,video bahkan e-book. Hendaknya kita gunakan kemudahan ini dengan hal-hal  yang bermanfaat.

2. Puasa Sunnah

sebelum menghadapi bulan ramadhan biasakan diri berpuasa sunnah agar tidak loyo dalam menghadapi ramadhan. Diantara puasa yang bisa kita kerjakan adalah puasa senin-kamis, puasa ayyaumul bidh (tanggal 13,14,15 hijriah), atapun puasa nabi dawud. Puasa ini banyak sekali keutamaanya salah satunya adalah membunuh racun-racun dari tubuh kita. Nabi dalam bulan sya’ban banyak mengerjakan puasa-puasa sunnah. Nabi bersabda : Dari Usamah bin Zaid, beliau berkata, “Katakanlah wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa selama sebulan dari bulan-bulannya selain di bulan Sya’ban”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

3. Biasakan diri shalat jama’ah di masjid

Shalat jamaah di masjid adalah wajib bagi setiap laki-laki muslim yang sudah baligh. Kewajiban ini tidak hanya pada waktu bulan ramadhan saja tetapi setiap hari setiap tahun sampai ajal menjemput karena keutamaannya salah satunya yaitu mendapat pahala 27x lipat daripada shalat sendiri di rumah. Nabi pun memerintahkan shalat jamaah ini kepada seorang kakek tua yang buta yang jalannya harusnya dituntun, yang seperti itu saja nabi tetap memerintahkan untuk jamaah apalagi seperti kita yang masih muda, sehat segar bugar, serta jalan menuju ke masjid sangat mudah.

4. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan suatu ibadah. Di dalam Al-Qur’an ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil faedahnya. Al-Qur’an ini diturunkan untuk menambah keimanan seorang muslim dan di dalamnya terkandung banyak pelajaran. Diantaranya kisah para Nabi terdahulu beserta umatnya sehingga kita bisa mengambil pelajaran agar tidak terjadi adzab dikarenakan kita membangkang perintah dari Allah dan Rasul-Nya. Ada ayat-ayat yang berisi janji pahala dan surge bagi orang yang bertakwa, ada ayat berisi tentang ancaman siksa neraka bagi orang yang mendustakan ayat-ayat Allah, dan masih banyak lagi jika kita mau membaca, mentadaburi serta mengamalkannya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita persiapkan menyambut bulan ramadhan ini. Tetapi ini dulu yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Dan semoga setelah ramadhan selesai kita tetap mengamalkan dan tidak meninggalkan ajaran-ajaran Allah dan Rasul-Nya.

By: Dody Yudho Utomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s