I’m Muslim Studi

Posted on Updated on

logo baru MA JPG

Namaku ialah Muslim Studi. Aku lahir 18 tahun yang lalu di Universitas Negeri Malang, tepatnya di Fakultas Ekonomi. ketika awal kelahiranku, aku masih binggung tentang apa yang harus aku lakukan. Tetapi seiring bergantinya musim kemarau menjadi musim hujan aku sadar bahwasanya tugasku ialah menyampaikan kebaikan kepada orang lain. Alhamdulillah aku diberi kemudahan untuk mempelajari agama islam, sehingga kebaikan yang aku sebarkan ialah tentang kebaikan yang ada dalam agama islam.Sekarang ini aku masih menganggur. Kerjaanku hanya menonton teve sambil menikmati lezatnya Kripik Singkong. Di samping itu, terkadang aku juga berselancar di dunia maya untuk melihat hal-hal baru, terutama perkembangan tentang agama islam. Tak jarang pula aku bersepeda mengelilingi kampus Universitas Negeri Malang untuk menjaga kesehatanku. Aku sangat perduli dengan kesehatan. Menurutku dengan mempunyai tubuh yang sehat aku bisa lebih mudah untuk menyampaikan kebaikan kepada orang lain. Untuk itulah aku tidak merokok, tidak minum-minuman yang mengandung alkohol, tidak menghisap ganja, dan tidak mengkonsumsi narkoba.Dua minggu lagi insya allah aku sudah mulai melakukan kegiatan di tahun 2013. Aku mempunyai lima anak. Empat laki-laki dan satu perempuan. Keempat anak laki-lakiku bernama HRD, PR, ICON, dan PRODIKSUH. Sedangkan satu anak perempuanku bernama MD.

“Assalamualaikum ayah, wah mentang-mentang belum ada aktivitas jadi enak-enakan nonton teve sambil ngemil”, sapa si MD yang baru pulang dari mengikuti kajian Kemuslimahan di Universitas Brwaijaya.

“walaikumsalam cantik. mumpung ada waktu kosong, jadi ayah mencoba untuk bersantai. Tumben baru pulang?, gimana tadi acaranya?, balasku sambil meminum jus jeruk yang aku buat tadi pagi.

“luar biasa ayah acaranya, ayah besok harus membuat acara seperti itu”, jawabnya penuh semangat

“insya allah, yang jadi ketua pelaksananya kamu ya? Nanti biar dibantu sama si PR, dan HRD”, timpalku

“siep yah, ya sudah aku mau istirahat dulu”, jawabnya

aku sangat menyayangi mereka. si HRD, dia sangat suka mengajak orang untuk dijadikan penerusnya. dia mempunyai satu kegiatan rutin pada hari Selasa. Kegiatan itu bernama Kajian Islam Selasa Sore (KISS). Anakku yang lain suka sekali dengan ekonomi islam, dia ialah ICON. Keseharian dia selain membantuku dirumah, dia juga mengkaji tentang ekonomi islam dengan kakak kelasnya yang bernama FoSSEI. Sering juga dia diajak si FoSSEI ke luar kota untuk mengkaji ekonomi islam bersama. Tahun lalu dia diajak si FoSSEI ke Universitas Pendidikan Indonesia untuk mengikuti Konferensi Internasional tentang Ekonomi Islam dan Musyawarah Nasional. Anakku yang ketiga bernama PR, si PR ini suka sekali mempromosikan diriku kepada orang lain. Entah itu lewat dunia maya ataupun lewat dunia nyata. Si PR mempunyai ruang pameran yang bernama “Mading dan Website”. melalui ruang inilah segala aktivitasku diberitahukan kepada orang lain, terutama kegiatan-kegiatan besar yang aku lakukan. Anak laki-lakiku yang terakhir, dia sangat suka mengajar orang lain. Dia juga sangat suka menyantuni anak-anak yatim piatu yang ada di Kota Malang, namanya ialah PRODIKSUH. Si PRODIKSUH ini mempunyai 1 acara tahunan yang dilakukan ketika bulan Ramadhan. Acara itu bernama GRC (Gebyar Ramadhan ceria). Ketika aku tidak sibuk, aku biasanya ikut meramaikan acara ini. Si MD, ini satu-satunya anak perempuanku. Dia sangat solehan, sangat cantik, sangat angun, sangat pintar, dan sangat baik, 1 lagi sangat pintar memasak. Kegiatan anakku yang satu ini tidak pernah lepas dari dunia wanita. Segala tentang wanita dikupas habis oleh anakku dan teman-temannya. Yang paling aku banggakan dari dia ialah dia bisa menjaga tubuhnya dari orang-orang yang belum menjadi suaminya. Jadi insya allah dia masih suci, sesuci air zam-zam yang selalu dibawa pulang oleh jamaah haji Indonesia ketika mereka baru pulang dari melakukan ibadah haji dan umrah.

Di rak buku dekat meja makan, tampak Si ICON sedang sibuk memilah-milah barisan buku. Entah buku apa yang dicarinya.

“sore ICON, lagi mencari buku apa? Ayah lihat kok kelihatannya butuh sekali dengan buku itu.” Sapaku

“aku lagi cari buku tentang Bank Syariah tulisan Pak Adiwarman A. Karim. Ayah tahu dimana buku itu?” tanyanya

“Ooh buku itu, kebetulan kemarin ketika kamu sedang ke Universitas Muhammadiyah Malang, sahabatmu, si CIES datang kesini dan ingin meminjamnya. Berhubung kamu belum pulang ya sudah ayah suruh bawa buku itu. Kenapa kamu mencari buku itu?”, tanyaku

“gini ayah, beberapa bulan lagi aku akan mengikuti Temu Ilmiah Nasional di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Jadi mulai sekarang aku harus mempelajari tentang bank syariah karena materi itu nanti akan diujikan ketika dilaksanakannya TEMILNAS. Ya sudah kalau gitu, nanti biar aku yang mengambil bukunya ke CIES. Oya si PR, HRD, sama si PRODIKSUH kemana yah? Kok tidak kelihatan dari tadi.” Tanya dia sambil merapikan buku yang berantakan

“mereka sedang berkemah di Pulau Sempu, besok sore baru pulang. Ya sudah kamu ndang mandi. Setelah itu anterin ayah beli buku di Gramedia MATOS”, responku

“ok yah”, jawabnya

Aku sadar bahwasanya untuk menjadi yang terbaik itu sulit. Tetapi sekarang ini aku sedang berupaya untuk menuju kesana. dengan profesionalisme yang dimiliki anak-anakku dan dukungan dari teman-temanku seperti FoSSEI, FSLDK, SERUNI, dan LDF lainnya aku percaya suatu saat nanti bisa mendaki gunung tertinggi yang ada di Jepang, Gunung Fujiyama dan menancapkan benderaku, bendera Universitas Negeri Malang, dan bendera Republik Indonesia di puncak Gunung itu.

Penulis : Rudiasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s